Cara Mudah Install Xampp di PC/Komputer Sistem Operasi Windows

cara mudah install xampp di komputer

Hallo kawan-kawan, kali ini saya akan coba berbagi tentang bagaimana cara untuk menginstall xampp di komputer dengan sistem operasi windows. Sebenarnya apa itu xampp? Xampp itu sendiri adalah sebuah aplikasi web server yang biasa dipakai oleh para programmer untuk membuat suatu website sebelum akhirnya di upload ke hosting.

Jadi intinya dengan xampp ini komputer kita akan bisa dijadikan sebagai hosting website kita. Sebelum kita mulai untuk langkah-langkan instalasi xampp ini, ada beberapa hal yang harus disiapkan.

Yaitu :

- 1 unit PC (Komputer atau Laptop) yang sudah diinstall sistem operasi windows tentunya.

- Aplikasi installer untuk menginstall xampp itu sendiri.

Langkah-langkahnya adalah seperti berikut ini:

1. Mengunduh Aplikasi Installer Xampp

Untuk aplikasi installer itu sendiri bisa kalian download sendiri di link berikut ini ya teman-teman.


Tunggu sampai proses download selesai ya kawan-kawan. Kalau internet kalian cepat maka tidak akan membutuhkan waktu yang lama untuk mendownload aplikasi ini.

2. Menginstall Aplikasi Xampp

Naah saya anggap kalian sudah download aplikasi installer xampp, jadi sekarang tinggal kalian jalankan aplikasi tersebut untuk proses instalasi.

Sekarang kalian coba klik dua kali untuk menjalankan aplikasi tersebut. Biasanya akan muncul sebuah kotak dialog yang menanyakan apakah kalian yakin mau menginstall aplikasi ini. Pilih saja Yes pada kotak dialog tersebut.

Selanjutnya akan muncul tampilan seperti dibawah ini:


Maka kalian pilih saja tombol Next untuk melanjutkan proses selanjutnya.

Selanjutnya akan muncul tampilan seperti berikut ini :

Disini kalian diminta untuk memilih fitur-fitur yang ada pada aplikasi xampp ini. Kalian bisa memilih untuk webserver nya adalah Apache. Kemudian untuk database yang nantinya akan digunakan adalah MySQL. Sedangkan untuk bahasa pemrograman yang dipakai adalah PHP. Karena untuk bahasa pemrograman yang umum digunakan adalah PHP ini. Selanjutnya ada phpMyAdmin untuk memudahkan pengelolaan database nantinya.

Sampai disini mudah-mudahan lancar ya.

Untuk langkah berikutnya kalian diminta untuk memilih folder yang digunakan untuk menampung aplikasi Xampp seperti pada gambar dibawah ini:

cara install xampp4

Secara default maka xampp ini akan diinstall pada direktori C:, namun kalian bisa tentukan sendiri dimana letak aplikasi xampp ini akan ditaruh. Saya coba untuk memilih secara default saja, yaitu di Drive atau direktori C:.

Install xampp5



Kemudian langkah berikutnya bisa kalian lihat pada gambar diatas, yaitu pilihan apakah kalian mau menginstall aplikasi tambahan yang bernama bitnami atau tidak. Bitnami ini nantinya dapat kalian gunakan untuk install WordPress, Drupal, dan Joomla secara otomatis.

Kemudian kalian pilih untuk memulai penginstallan dengan menekan tombol next. Dan akan muncul proses installasi seperti gambar dibawah ini:

install xampp6

Kalian tunggu sampai proses installasi selesai. Proses ini membutuhkan waktu beberapa saat. Paling lama sekitar 10 menit.

Kalau proses installasi selesai maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini:

Install xampp7

Silahkan klik finish untuk menyelesaikan proses installasi xampp di komputer windows kalian.

3. Menjalankan Xampp

Dan langkah selanjutnya adalah menjalankan aplikasi xampp ini dengan cara menjalankan control panel xampp.

install xampp8

Kemudian tinggal kalian jalankan apache dan mysql pada controll panel xampp tersebut. Kemudian kalian klik start pada apache dan mysql sehingga akan muncul tampilan seperti pada gambar diatas. 

Naah itu berarti xampp kalian sudah siap untuk digunakan. Untuk pengetesannya kalian bisa buka browser kalian kemudian kalian tuliskan "localhost" pada address bar browser kalian seperti pada gambar dibawah ini.

tampilan dashboard localhost xampp

Jika tampilan yang kalian lihat seperti gambar tersebut, maka kalian telah sukses untuk menginstall xampp di PC/Komputer windows kalian. Dan selamat xampp kalian sudah siap digunakan.

Demikian hal yang dapat saya tulis disini tentang cara dan proses installasi xampp di komputer windows. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Install Xampp di PC/Komputer Sistem Operasi Windows"