Cara Mudah untuk Sukses Menjadi Dropshiper di Marketplace Terbaru 2019

Widyasmara.com - Bagi para pelaku bisnis online mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah Dropship. Apa itu Dropship? 

Jadi dropship adalah suatu teknik penjualan barang atau jasa, akan tetapi si penjual ini tidak memiliki stok barang yang dijualnya. Lalu untuk penjualnya kita namai istilahnya adalah Dropshiper.

Sehingga apabila ada order dari customer maka si dropshiper ini akan meneruskan order tersebut kepada distributor atau supplier untuk mengirimkan barang yang diorder tersebut langsung kepada customer nya. Dengan atas nama pengiriman si dropshiper tentunya.



Pembahasan kita kali ini adalah bagaimana langkah untuk menjadi sukses menjadi dropshiper di Marketplace. 

Marketplace yang sudah populer di Indonesia saat ini adalah Bukalapak, Tokopedia, Shopee, JD.id dan lain sebagainya. Dan yang pasti, apabila kalian dalam proses dropship ini harus beda marketplace. 

Maksudnya apabila kalian mencari suplier di tokopedia maka kalian harus menjualnya di Marketplace yang lain, dan begitupun sebaliknya. Jadi intinya untuk menjadi dropshiper tidak boleh mencari suplier dan custome di sebuah marketplace. Soalnya nanti akan ada masalah tentant inpur resinya.

Lalu bagaimana langkah awal untuk memulai dropship agar bisa sukses? Yakinlah bahwa kunci dari kesuksesan untuk menjadi dropshiper adalah berusaha dan berdoa serta dilakukan dengan strategi online marketing yang cocok. Baiklah langsung saja langkah-langkah untuk menjadi dropshiper.

1. Pilihlah Suplier yang benar-benar bagus dan terpercaya

Lalu kategori suplier yang bagus itu seperti apa? Kalau menurut beberapa dropshiper yang saya kenal bahwa untuk kategori suplier yang bagus adalah yang paling fast respon. 

Karena akan sangat sulit apabila kita memilih suplier akan tetapi respon nya lama alias slow respon. Soalnya nantinya apabila ada keluhan-keluhan seputar produk atau pelayanan akan sangat terganggu kalau suplier nya slow respon.

Lalu selain fast respon cari lah suplier yang bisa memberikan layanan untuk resi otomatis dari pengiriman barang yang dijual. Karena kalau order sudah mulai banyak maka akan sangat kerepotan manakala harus input resi satu persatu. 

Kalau sudah ada resi otomatis maka akan sangat memperingan kerja kita untuk input resi. Juga carilah suplier yang rating nya bagus dan produknya banyak dan lengkap. Karena suplier adalah jantung nya dari usaha kita, maka carilah yang paling bagus.

2. Buatlah toko yang bagus dan menarik

Kita bisa bikin toko di marketplace manapun yang kita inginkan. Buatlah toko yang bisa menarik perhatian para calon customer. Salah satu daya tarik dari sebuah toko online di marketplace adalah gambar. 

Cari lah gambar yang paling keren untuk dipajang di toko kita. Selain itu buatlah deskripsi tentang toko yang bagus dan jelas. Sehingga para customer akan menilai toko kita adalah toko yang profesional.

3. Ambil data dari suplier lalu upload ke toko kita

Ambil foto produk dari suplier kemudian edit sedikit lalu kita upload di toko kita. Tujuan nya adalah agar para customer menjadi tertarik denga produk yang kita jual. Usahakan ada perbedaan gambar dengan suplier kita. 

Bisa kalian kasih tulisan, atau kita kasih bingkai/frame atau mengganti background dan lain sebagainya. Karena foto kalau jelas dan bagus juga akan sangat mempengaruhi penjualan.

4. Buat judul yang sesuai untuk produk yang anda jual

Dalam membuat judul produk pun harus diperhatikan dengan baik. Jangan sampai salah dalam memberi kan judul produk. Buat judul semenarik mungkin dan mempunyai volume pencarian yang banyak sehingga orang akan penasaran untuk melihat produk kita dari judul dan gambar.

Serta maksimalkan panjang dari judul yang disediakan oleh marketplace tersebut dengan kata-kata yang relevan. Masing-masing market place berbeda dalam menyediakan jumlah karakter untuk judul produk.

5. Tentukan harga yang kompetitif dan masuk akal

Berikan harga yang normal dan standar. Kalau kita mau menaikan silahkan naikan yang masuk akal. Jangan terlalu tinggi untuk menaikkan harga barang tersebut. Untuk harga yang mau dijual disesuaikan dengan harga barang yang kita ambil suplier. Misal harga barang dari suplier 100.000 maka keuntungan sekitar 10-30% masih wajar. Pokoknya kasih harga yang masuk akal.

6. Buat deskripsi produk yang bagus

Caranya kalian bisa cek deskripsi yang ada di suplier lalu kalian variasi sedikit deskripsi tersebut. Jangan langsung di copas, itu namanya kurang kreatif. Bisa pakai kalimat yang lain namun masih sesuai dengan isi deskripsi dari suplier tersebut.

7. Buat video tentang produk yang kalian jual

Bisa tentang review produk ataupun jenis-jenis produk tersebut. Kemudian upload di youtube video tersebut. Ini akan mempengaruhi tingkat penjualan produk kalian. Karena dari youtube pun bisa untuk mendatangkan calon customer.

8. Berikan pelayanan yang memuaskan bagi para calon customer

Hal ini sangat penting guys. Karena pelayanan yang baik kepada calon customer akan menambah tingkat pembelian produk yang kita jual. Usahakan layani customer sebaik mungkin, fast respon dan juga ramah kepada customer. Karena bagaimana customer akan senang apabila mereka bertanya produk yang kita jual tetapi respon nya lambat dan mungkin judes cara menjawab nya. Otomatis para customer akan lari untuk mencari toko yang lain. Ingat yang menjual produk seperti yang kalian jual bukan cuma kalian sendiri. Ada puluhan bahkan ratusan yang menjual produk yang sama dengan kalian. Jadi layani para customer dengan pelayanan prima.

9. Coba share produk kalian ke Sosial Media

Tidak bisa dipungkiri bahwa pengguna sosial media saat ini sudah sampai lebih dari separuh jumlah jiwa di Indonesia. Maka coba lah kalian share produk kalian ke sosial media. Dengan tujuan memperkenalkan dan menawarkan kepada para pengguna sosial media yang lain tentang produk kalian.

10. Iklankan produk kalian

Hampir semua marketplace sudah ada fitur untuk mengiklankan produk yang ada di sana. Baik itu iklan jenis up produk ataupun jenis promosi per klik dari produk yang kita promosikan. Untuk teknisnya silahkan kalian cari sendiri di forum marketplace yang kalian ingin tahu. Disini saya tidak bisa menjelaskan secara detail. Karena setiap marketplace beda dalam fitus iklan nya.

11. Berdoa dan terus berdoa

Teruslah berdoa minta pada Allah SWT tuhan yang maha kuasa agar selalu laris barang dagangannya. Amiiinnnn 

Lakukan langkah-langkah diatas di toko kalian agar hasilnya bisa bagus. Mudah-mudahan kalian yang main Dropshiper bisa sukses dengan omset yang melimpah...

Yuk berlangganan artikel terbaru via email :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel