Keutamaan dan Amalan yang dianjurkan di bulan Sya'ban

Widyasmara.com - Bulan Sya’ban adalah bulan yang ke 8 dari kalender hijriah. Bulan ini diapit oleh bulan Rajab dan bulan Ramadhan. Beberapa orang biasanya akan melupakan bulan Sya’ban, dikarenakan akan memasuki bulan Ramadhan. Padahal bulan Sya’ban ini adalah bulan yang mempunyai banyak keutamaan. Seperti yang kita ketahui bahwa memasuki bulan Sya’ban yang pertama di tahun ini adalah tanggal 7 April 2019.



Pada bulan Sya’ban ini dianjurkan kepada kita untuk melakukan dan meningkatkan beberapa hal yang berkaitan dengan ibadah. 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan hal tersebut di dalam hadits berikut:

عَنْ أُسَامَةَ بْنِ زَيْدٍ، قَالَ: قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللهِ، لَمْ أَرَكَ تَصُومُ شَهْرًا مِنَ الشُّهُورِ مَا تَصُومُ مِنْ شَعْبَانَ، قَالَ: ذَلِكَ شَهْرٌ يَغْفُلُ النَّاسُ عَنْهُ بَيْنَ رَجَبٍ وَرَمَضَانَ، وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيهِ الأَعْمَالُ إِلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ، فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ.

Diriwayatkan dari Usamah bin Zaid radhiallahu ‘anhuma bahwasanya dia berkata, “Ya Rasulullah! Saya tidak pernah melihat engkau berpuasa dalam satu bulan di banding bulan-bulan lain seperti engkau berpuasa di bulan Sya’ban ?” Beliau menjawab, “Itu adalah bulan yang banyak manusia melalaikannya, terletak antara bulan Rajab dan Ramadhan. Dia adalah bulan amalan-amalan di angkat menuju Rabb semesta alam. Dan saya suka jika amalanku diangkat dalam keadaan saya sedang berpuasa”.

Maka daripada anjuran Rasulullah tentang peningkatan ibadah pada bulan Sya’ban ini adalah:

1. Meningkatkan puasa sunah

Dengan meningkatkan dan memperbanyak puasa sunah di bulan Sya’ban maka sama saja dengan kita melatiah diri dan mempersiapkan untuk melaksanakan ibadah puasa Ramadhan nantinya.

2. Rutin tadarus Al Qur’an

Membaca Al Qur’an adalah amalan yang hendaknya dilaksanakan secara Istiqomah. Dengan membaca Al Qur’an hati kita akan menjadi tenang dan bisa mengendalikan emosi kita. 

3. Banyak melakukan amal Sholeh

Rajinlah melakusan kegiatan Amal Sholeh, dengan cara sedekah, memberi bantuan kepada orang yang membutuhkan bantuan. Menolong orang yang sedang tertimpa kesusahan atau pun musibah, dan amal Sholeh lainnya.

4. Menghindari perbuatan syirik dan saling bermusuhan sesama Muslim.

Saat ini di negara kita sedang berada di tahun Politik. Banyak yang semula kawan menjadi lawan dan begitupun sebaliknya. Padahal hal ini sangat bertentangan dengan anjuran Rasulullah untuk selalu meningkatkan persaudaraan kita.

Demikian Amalan yang bisa kita lakukan di bulan Sya’ban ini. Mudah-mudahan menjadi bahan inspirasi kita dan dapat meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT, Amin ya rabbal “alamin


Yuk berlangganan artikel terbaru via email :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel