Inilah 11 Gejala Penyakit Gula Darah Tinggi : Cara Mengenali Sejak Awal dan Mengantisipasinya

Widyasmara.com - Diabetes atau penyakit gula darah tinggi rasanya bukan penyakit yang asing lagi.

Karena kita sering mendengar mungkin anggota keluarga kita ataupun saudara atau juga tetangga dan kawan kita yang terkena penyakit ini. 

Gula darah bukan penyakit yang menular. Jadi tidak perlu khawatir akan tertular penyakit ini dari orang lain.

Namun meskipun bukan penyakit menular tetap harus kita waspadai tentang gejala dari penyakit gula darah ini.



Penyakit gula darah timbul bukan hanya semata-mata karena kita sering mengkonsumsi makanan yang terasa manis. Namun cenderung lebih disebabkan karena mengkonsumsi makanan yang berkalori tinggi serta kebiasaan buruk kita. 

Kebiasaan buruk itu adalah jarang melakukan aktifitas fisik, sebagai misal olah raga. 

Pola hidup yang serba santai, ditambah dengan makan makanan yang kurang sehat, serta jarang berolah raga merupakan faktor dominan orang terkena gula darah.

Walaupun ada faktor lain yang sangat mempengaruhi seseorang terkena penyakit gula darah ini. Faktor tersebut adalah genetika atau yang sering kita sebut keturunan. 

Apabila ada riwayat dari orang tua kita entah itu ayah atau ibu juga kakek dan nenek yang mengalami penyakit gula darah, maka dimungkinkan salah satu atau beberapa keturunannya juga akan terkena penyakit ini.

Namun itu semua bisa di antisipasi dengan pola hidup yang sehat.

Maka dari itu perlu kiranya bagi kita untuk mengalami gejala-gejala tentang penyakit gula darah ini :

1. Mudah lelah

Kelelahan pasti dialami oleh setiap orang. Dan rasa lelah itu tidak selalu di indikasikan dengan penyakit gula darah. 

Akan tetapi yang dimaksud disini adalah orang yang mudah merasa lelah, meskipun tidak melakukan aktifitas fisik yang berat. Naah ini yang mungkin pantas untuk di lakukan cek dokter. 

Karena di khawatirkan ada gejala yang tidak wajar dengan kondisi tubuh kita.

2. Sakit kepala yang berlebihan

Seperti halnya dengan rasa lelah. Sakit kepala merupakan sebuah gejala sakit yang lumrah dialami oleh semua orang. 

Hal yang perlu diwaspadai adalah apabila anda mengalami sakit kepala namun tak kunjung sembuh juga. Kalau terjadi hal demikian maka segera periksakan ke dokter.

3. Mata menjadi kabur untuk melihat

Kadar gula yang berlebih dalam darah kita akan menyebabkan efek pada penglihatan kita. 

Efek yang terjadi dikarenakan kelebihan kadar gula darah atau glukosa akan menyebabkan penglihatan menjadi kabur. Hal ini dikarenakan retina kita mengalami masalah yang dikarenakan gula berlebih ini.

4. Sering Buang Air Kecil

Apabila anda mengalami keseringan untuk buang air kecil dan dirasa tidak wajar maka perlu diwaspadai akan meningkatnya glukosa darah kita. Hal ini juga dikarenakan gangguan kelainan ginjal yang diakibatkan oleh kadar gula berlebih dalam tubuh kita. 

Sehingga ginjal kurang baik dalam melakukan proses penyaringan cairan tubuh.

5. Mudah sekali haus

Orang yang terkena penyakit diabetes melitus biasanya sering minum. Karena dia akan selalu merasa haus. Hal ini dikarenakan efek dari sering buang air kecil. Sehingga akan selalu merasa haus.

6. Susah untuk konsentrasi dalam aktifitas

Tingkat konsentrasi atau fokus dari orang yang terkena penyakit gula darah ini akan menurun. Sehingga biasanya sering lupa terhadap sesuatu hal. Hal ini karena dia tidak fokus dalam melakukan suatu hal.

7. Mulut selalu terasa kering

Bukan hanya penyakit panas dalam yang menyebabkan mulut terasa kering. Penyakit gula darah pun bisa mengakibatkan mulut terasa kering, dan akan merasa haus. 

8. Nafas terengah-engah atau periode nya pendek

Seperti orang yang habis lari-lari sehingga nafas terengah-engah bagi penderita penyakit kelainan gula darah ini. Padahal tidak melakukan banyak aktifitas fisik yang melelahkan.

9. Sering sakit perut

Sakit perut yang lama sembuhnya dan tidak ada tanda-tanda sakit diare atau sakit lainnya dimungkinkan menjadi salah satu gejala dari penyakit diabetes ini.

10. Rasa lapar yang susah dikendalikan

Semua orang pasti merasakan rasa lapar. Namun akan berbeda apabila sebentar-sebentar lapar. Ini bisa di indikasikan menjadi salah satu gejala terkena diabetes.

11. Linglung atau suka bingung

Untuk yang satu ini biasanya terjadi apabila penderita sudah terlalu lama terkena penyakit ini. Sehingga merasa suka bingung seperti orang yang linglung.

Marilah kita jaga kesehatan kita dari penyakit diabetes melitus atau gula darah yang berlebih. 

Biasakan dengan pola hidup sehat. Imbangi aktifitas kita dengan olah raga yang teratur. Mudah-mudahan kita akan senantiasa sehat. 

Yuk berlangganan artikel terbaru via email :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel