7 Tips Agar Kuat Saat Bersepeda Jarak Jauh Bagi Pemula

Widyasmara.com - Bersepeda adalah salah salah satu hoby dan kegiatan olah raga yang sangat menyenangkan.

Disamping kita bisa sehat kita juga bisa menikmati pemandangan alam selama kegiatan bersepeda ini dilakukan.

Nah guys kali ini saya akan sedikit berbagi tips untuk bersepeda bagi pemula.


1. Persiapkan jarak dan durasi bersepeda

Sebelum dilakukan kegiatan bersepeda ria sangat penting untuk mengetahui jarak yang akan kita tempuh dalam bersepeda.

Karena kalau kita tahu berapa jarak yang akan kita tempuh dalam bersepeda maka kita akan dapat memperkirakan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menempuh jarak tersebut.

Jangan sampai kita bersepeda tetapi kita tidak tahu kemana tujuannya dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan aktifitas ini.

2. Lakukan survey lapangan

Tidak kalah penting apabila kita tahu dulu medan yang akan kita tempuh untuk bersepeda. Arah dan jalur yang akan kita lalui dalam bersepeda hendaknya tahu.

Apalagi kalau kita akan bersepeda ramai-ramai dengan kawan-kawan. Tentunya akan sangat diperlukan semua nya tahu rute nya.

Apakah akan bersepeda di tempat yang area nya datar, atau menanjak atau menurun. 

3. Membawa peralatan yang multi fungsi

Maksudnya nya membawa alat yang multifungsi adalah alat yang akan diperlukan sewaktu-waktu dalam perjalanan. Alat ini sifatnya relatif, sebagai misal : jas hujan atau mantel.

Apalagi saat ini sedang musim hujan. Maka sangat diperlukan sekali apabila kita bersepeda membawa mantel yang khusus untuk dibawa selama bersepeda sebagai antisipasi apabila di tengah perjalanan tiba-tiba hujan turun. 

4. Bawa bekal yang cukup

Sekiranya jarak yang ditempuh cukup jauh maka kita disarankan untuk membawa bekal yang cukup untuk selama kita bersepeda.

Misal makanan ringan atau pun minuman yang cukup. Apalagi kalau rute kita melintasi daerah yang dominan hutan yang jarang penduduk. Maka sangat dibutuhkan untuk membawa bekal.

5. Membawa alat P3K

Kita tidak tahu di jalan nanti apa yang akan terjadi. Namun sebagai antisipasi lebih baik kita membawa persediaan alat P3K sehingga akan sedikit membantu apabila di dalam perjalanan terjadi hal yang tidak diinginkan. 

Alat P3K bisa meliputi obat-obatan ringan, cream pelentur otot, antiseptik dan obat-obatan lain yang dibutuhkan.

6. Siapkan kondisi sepeda yang baik dan alat untuk repair

Termasuk untuk sepeda kita pun kita harus persiapkan alat yang dibutuhkan untuk sepeda kita.

Misal kita bayangkan saja, apabila di tengah perjalan rantai kita putus atau mungkin rem blong. Maka alat reparasi yang meliputi kunci-kunci untuk keperluan sepeda sangat diperlukan. 

Kondisi sepeda pun harus diperhatikan. Kalau Perlu di cek dulu semua bagian sepeda yang akan kalian pakai untuk bersepeda. Apakah sudah siap untuk dipakai bersepeda jarak jauha atau tidak.

7. Persiapkan tubuh dan mental yang prima

Hal yang paling penting dan paling urgent adalah dengan kondisi fisik kita. Sebelum melakukan kegiatan bersepeda sangat diharuskan tubuh kita dalam kondisi fit dan prima. 

Sehingga di dalam perjalanan tidak akan terjadi hal yang tidak diinginkan.

Itulah 7 tips apabila kalian akan melakukan kegiatan bersepeda ria bersama keluarga ataupun kawan-kawan. Semoga bermanfaat !!!!

Yuk berlangganan artikel terbaru via email :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel