7 Tips Mudah Mencegah Rasa Ngantuk Saat Mengemudi di Jalan Bersama Keluarga

Widyasmara.com - Mencegah Rasa mengantuk saat mengemudi pasti sangat susah. Itu semua bisa dirasakan oleh semua orang ketika sedang melakukan perjalanan. Terutama pada saat tubuh mulai kelelahan. 

Beberapa waktu yang lalu ada sebuah kecelakaan yang terjadi di sebuah kecamatan di Purbalingga. Penyebab utama terjadinya kecelakaan tersebut yaitu karena rasa kantuk dari pengemudinya.


Disini saya akan coba berbagi tips yang mudah untuk mencegah rasa kantuk saat mengemudi.

1. Cukup tidur meskipun sejenak sebelum melakukan perjalanan

Hal ini mungkin sudah dipahami oleh semua orang. Bahwa ketika kita hendak melakukan suatu perjalanan apalagi perjalanan itu membutuhkan jarak tempuh yang cukup jauh, maka persiapkan fisik kita terlebih dahulu. Yaitu tidur terlebih dahulu agar fisik lebih bugar nantinya di dalam perjalanan.

2. Ketika mengantuk di tengah Perjalanan

Saat mulai terasa mengantuk di dalam perjalanan, janganlah dipaksakan untuk melanjutkan perjalanan tersebut. Lebih baik berhenti sejenak di tempat persinggahan. 

Sempatkan waktu untuk sedikit merebahkan tubuh. Ataupun sekedar untuk minum kopi atau makan snack ringan untuk mengurangi rasa kantuk tersebut. Makanlah permen yang berasa pedas agar mata kita tetap terjaga dan tidak mengantuk. 

3. Jaga kecepatan kendaraan

“Ngebut adalah cara untuk mendekat dengan maut” mungkin kalian pernah mendengar istilah ini. Jadi intinya dalam berkendara jangan terlalu cepat atau ngebut. 

Karena saat kita sedang merasa ngantuk lalu dibawa ngebut dalam berkendara. Waaaah bisa dibayangkan sendiri akibatnya. Yang pasti jaga kecepatan saat berkendara. Jangan ngebut saat sedang merasa ngantuk.

4. Jangan melakukan perjalanan di malam hari

Waktu malam adalah waktunya untuk beristirahat. Jadi jangan ambil resiko untuk pergi melakukan perjalan di malam hari. Alangkah lebih baik seandainya perjalanan dilakukan di waktu siang hari. Sehingga semua hal buruk yang biasa terjadi saat berkendara bisa di antisipasi.

5. Makan dan minum cukup

Jangan berkendara dalam keadaan perut kosong atau terlalu haus. Karena akan mengurangi konsentrasi dalam berkendara. Dan pasti akan menyebabkan efek mengantuk kalau diteruskan. Ambilah makanan untuk mengganjal perut saat mulai lapar. Usahakan ada stok air minum yang kalian bawa untuk persediaan di jalan.

6. Bawa teman ngobrol

Kalau kalian pakai mobil untuk berkendara disarankan ada teman yang diajak ngobrol selama dalam perjalalan. Karena kalau ada teman yang menemani ngobrol akan mengurangi rasa kantuk yang melanda.

7. Berdoa ketika berangkat dan dalam perjalanan

Berdoalah pada saat akan bepergian melakukan perjalanan. Senantiasa minta perlindungan kepada Tuhan yang maha kuasa agar diberi keselamatan sampai ditempat tujuan.
Selamat melakukan kendaraan tanpa rasa kantuk dan semoga selamat sampai tujuan. Mudah mudahan apa yang saya tulis bisa bermanfaat bagi para pembaca semua.

Yuk berlangganan artikel terbaru via email :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel