7 Cara mudah merawat kucing agar selalu lucu dan sehat

Widyasmara.com - Kucing adalah salah satu binatang peliharaan yang paling banyak digemari oleh semua kalangan. Baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Sehingga tidak jarang orang yang memelihara kucing sampai lebih dari satu. Bahkan banyak pula yang memperlakukan seekor kucing layaknya seorang anak kecil. Mulai dari mandi, makan, many pady, bahkan untuk perawatan kesehatan dan penampilan. Dan yang lebih luar biasa lagi biaya untuk memelihara kucing sampai jutaan untuk setiap bulannya. Keren ya, hehehe



Nah bagi yang ingin pelihara kucing namun minim biaya perawatan mungkin berikut ini bisa menjadi solusi dan tips buat kalian semua :

1. Rajin cek dokter secara teratur

Apabila anda ingin kucing anda sehat dan tidak ada gangguan penyakit, maka sudah seharusnya anda rajin untuk memeriksakan kesehatan nya ke dokter hewan. Minimal sebulan sekali anda bisa membawa kucing anda ke dokter atau klinik khusus hewan. Jangan sampai kucing kesangan anda sakit atau mungkin terinfeksi virus atau bakteri lainnya yang menyebabkan tidak sehat. Termasuk juga untuk pemberian suntik vaksin secara berkala. Jadi jagalah selalu kesehatan kucing anda.

2. Rutin untuk membersikan dan menyikat giginya

Bukan hanya manusia, kucing pun harus senantiasa bersih. Apalagi kebersihan gigi nya yang merupakan hewan karnivora harus senantiasa dijaga kebersihan giginya. Meskipun belum pernah saya jumpai ada kucing yang sakit gigi, namun alangkah baiknya apabila kucing kesayangan anda senantiasa memiliki gigi yang bersih dan sehat. 

3. Secara teratur menyisir bulu halusnya

Menyisir bulu halus kucing akan memberikan rasa nyaman dia kepada anda selaku pemiliknya. Binatang pun mempunyai rasa ingin di belai dan di sayang. Jadi harus rutin untuk menyisir bulunya biar senantiasa rapi dan indah apabila dilihat dan dipegang. Pakailah sisir yang memang khusus untuk kucing. Karena tekstur sisi untuk kucing sedikit berbeda dengan sisir untuk rambut manusia.

4. Tidur diberikan alas yang hangat

Kucing biasanya tidur dengan cara melingkarkan tubuhnya. Hal ini bertujuan agar tubuhnya tetap hangat. Akan tetapi lebih baik anda memberikan bantalan atau alas tidur yang hangat agar si kucing ini merasa nyaman dan senantiasa hangat. Untuk bantalan bisa menggunakan kain yang biasa di rangkap menjadi beberapa lipatan. Atau mungkin apabila anda ingin yang lebih bagus bisa membeli di toko khusus binatang peliharaan, yaitu alas tidur kucing yang nyaman.

5. Beri makanan yang bergizi

Asupan gizi dari makanan yang diberikan juga harus diperhatikan. Kalau kucing liar biasa makan makanan dari tong sampah yaitu makanan sisa, maka untuk kucing kesangayan anda berikan dia makanan yang bernutrisi bagus. Karena selain bisa untuk menjaga tubuh tetap sehat dan prima, juga bisa untuk menambah kekebalan tubuh dari penyakit.

6. Tegas terhadap perilaku buruknya

Ini merupakan hal yang harus diperhatikan oleh si pemilik kucing peliharaan. Apabila kucing ini melakukan tindakan-tindakan yang kurang baik. Misal mengambil makanan yang ada di meja makan, atau pun mengacak-acak isi dapur maka anda selaku pemilik harus bisa tegas untuk memarahinya. Jangan sungkan untuk memarahi seperti memarahi anak kecil. Karena kucing pun mempunyai insting perasaan layaknya manusia.

7. Rutin mengajarkan perilaku yang baik sehari-hari

Berikan dia pelajaran tentang tingkah laku yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Berikan dia penjelasan bagaimana dan dimana untuk membuang kotoran di tempat yang telah di persiapkan, dimana dia makan, dan lain sebagainya.

Itulah 7 cara merawat kucing kesayangan kita semoga bisa menjadi sedikit referensi sebelum memelihara kucing. 

Yuk berlangganan artikel terbaru via email :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel