Mengatasi biang keringat yang sering terjadi pada bayi

Anak dengan usia masih balita akan sering mengalami berbagai macam iritasi pada kulit mereka. Hal ini dikarenakan kulit bayi sedang beradaptasi dengan udara bebas. Salah satunya adalah dengan munculnya biang keringat pada tubuh si kecil. Untuk mengatasi hal ini para ibu harus tahu penangananya.




Namun sebelum kita membahas tentang penanganan pada di kecil dari biang keringat, terlebih dahulu kita pahami penyebab yang sering terjadi pada si kecil.

Biang keringat yang sering muncul pada kulit si kecil bisa terjadi karena beberapa hal. Salah satunya adalah karena kulit si kecil masih sensitif terhadap udara luar. Hal ini akan memicu terjadi nya biang keringat, terutama ketika udara sedang panas. Udara panas akan menyebabkan munculnya biang keringat atau dalam istilah jawa namanya Keringat Buntet.

Biang keringat biasanya sering muncul pada sekitar leher, selangkangan atau daerah-daerah sekitar lipatan tubuh lainnya. Seperti pada lengan, tengkuk, atau pada lipatan lutut.

Baca juga : Cara mengatasi bekas jerawat pada wajah

Lalu bagaimana cara yang paling mudah untuk menangani biang keringat pada bayi ini? 

1. Menghindari udara yang panas atau lembab

Seperti yang kita ketahui, bahwa bukan hanya pada bayi saja, tetapi orang tua pun manakala berada di sebuah tempat dengan suhu udara panas kulit akan mengalami ruam-ruam. Di tambah lagi dengan keringat yang keluar dari pori-pori. Sehingga akan muncul bentol-bentol berwarna merah pada kulit. Jadi apabila bunda memiliki bayi masih kecil usahakan senantiasa pada tempat yang suhu nya tidak terlalu panas.

2. Hindari pakain bayi yang terlalu tebal

Pakaian bayi yang terlalu tebal akan membuat kulit bayi cepat terkena iritasi. Karena akan cepat merasa panas dan tidak nyaman bagi bayi anda. Maka dari itu tidak dianjurkan untuk bayi memakai pakaian yang tebal. Kecuali pada saat udara terasa dingin.

3. Usahakan kulit bayi tetap terasa dingin dan sejuk

Karena biang keringat diakibatkan dari kulit bayi yang terasa panas, maka usahakan kulit bayi tetap terjaga untuk selalu sejuk. Boleh dengan mengusap menggunakan kain yang basah pada kulit bayi yang muncul biang keringat.

4. Gendonglah bayi saat diperlukan saja

Tahukah bunda bahwa bayi yang sering digendong akan lebih sering mengalami biang keringat. Hal ini karena pada saat digendong kulit bayi menjadi panas. Karena bayi akan terkena dampak panas suhu tubuh dari ibu nya juga.

Sekian semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca semua. Jangan lupa apabila ada gejala berdampak pada kesehatan bayi segeralah hubungi dokter. Serta gunakan produk-produk untuk bayi yang terpercaya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengatasi biang keringat yang sering terjadi pada bayi"

Post a Comment

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup di komentar, terima kasih