Hati-hati dengan air kencing tikus bahaya bagi kesehatan yuk simak bersama

 

Bahaya air kencing tikus – Tikus adalah hewan mamalia kecil yang seringkali kita temui. Bahkan tidak jarang pula kita berurusan dengan salah satu binatang pengerat ini. Seringkali makanan yang kita sediakan untuk lauk tiba-tiba sudah tidak ada di tempatnya dikarenakan oleh ulah tikus ini. Bisa dikatakan tikus adalah musuh dari manusia. Kita seringkali melakukan aksi untuk menjebak bahkan sebisa mungkin untuk memusnahkan binatang ini. Namun seperti tidak ada habisnya perkembangbiakan tikus ini. 

Selain mengganggu kehidupan manusia ternyata tikus pun punya dampak berbahaya bagi kesehatan manusia. Yaitu gigitan tikus yang sangat berbahaya bagi manusia, namun juga air kencing tikus yang juga sangat perlu untuk diantisipasi efek bahaya nya. Lalu sebenarnya apa saja efek bahaya dari air kencing tikus ini? Mari kita simak bersama berikut ini:

Air kencing tikus mengandung virus yang cukup berbahaya apabila menular pada tubuh manusia. Nama virus itu adalah virus Leptospirosis. Virus ini terdapat pada air kencing tikus yang bisa menular ke tubuh manusia melalui air dan mungkin juga dari tangan yang jarang dicuci saat sebelum makan. Bahkan menurut para peneliti virus Leptospirosis bisa bertahan di tanah hingga dalam kurun waktu 1 bulan. Efek yang akan timbul apabila virus ini masuk ke tubuh manusia adalah:

Penderita akan cepat merasa kelelahan, meskipun sedang tidak melakukan pekerjaan yang berat. Hal ini dikarenakan pengaruh dari efek virus yang masuk ke dalam tubuh yang dapat mengurangi kekebalan tubuh manusia. 

Mengalami nyeri otot yang cukup lama. Saat kita terserang virus ini otot akan terasa nyeri. Meskipun dalam beberapa kasus rasa nyeri ini tidak terlalu dominan. Namun rasa nyeri yang akan ditimbulkan pastinya akan cukup membuat tubuh tidak nyaman, bahkan sakit.

Menyebabkan keguguran pada ibu hamil

Apabila ada ibu hamil terkena virus ini akan beresiko mengalami keguguran. Dalam kejadian yang sering dialami oleh ibu hamil yang terkena virus ini bayinya bisa keguguran. Ada juga yang melahirkan prematur ataupun bayi meninggal dalam kandungan. Ini merupakan suatu yang sangat berbahaya apabila tidak ditangani dengan baik.

Menyebabkan serangan jantung

Dalam kasus ini adalah apabila virus Leptospirosis sudah masuk dan mencapai jantung. Makan efeknya akan terkena penyakit jantung. Jantung akan berdetak dengan cepat. Selain itu juga akan terasa nafas yang sesak, dan akan mengalami demam tinggi. 

Apabila virus ini sudah masuk sampai ke kepala akan menimbulkan sakit kepala yang luar biasa. Dan juga pusing yang berlebihan hingga sampai muntah-muntah. Nafsu makan akan berkurang dan badan terasa lemas seperti tanpa tenaga.

Langkah awal yang dapat kita lakukan pada orang penderita virus leptospirosis ini adalah dengan cara memberi nya obat penurun panas atau anti demam. Obat ini dapat mengurangi demam yang tinggi akibat dari virus ini. 

Berikutnya adalah pemberian obat Antibiotik. Langkah pemberian antibiotik ini diharapkan agar virus yang masuk ke dalam tubuh bisa mati dan tidak akan bisa berinkubasi di dalam butuh manusia. Namun apabila telah terjadi komplikasi maka harus secepatnya dibawa kerumah sakit. 

Untuk itu perlu kiranya kita melakukan upaya pencegahan dari penyakit ini. Beberapa cara pencegahan diantaranya adalah dengan cara rutin membersikan lingkungan tempat tinggal kita. Ini juga bisa sebagai pencegahan penyebaran penyakit Demam Berdarah.

Menerapkan pola hidup sehat dan membiasakan untuk mencuci tangan sebelum makan. Hal ini terbukti efektif untuk mencegah tertularnya dari berbagai macam penyakit.

Kalau ada luka di bagian tubuh kita hendaknya segera diberi antiseptik dan sebisa mungkin untuk ditutup. Agar meminimalisir terkena infeksi virus Leptospirosis.

Demikian yang dapat disampaikan terima kasih sudah mengunjungi blog kami yang sederhana ini. Semoga bermanfaat untuk sesama dan silahkan share untuk yang lain.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hati-hati dengan air kencing tikus bahaya bagi kesehatan yuk simak bersama"

Post a Comment

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup di komentar, terima kasih