Untuk mengobati dan mencegah berbagai penyakit inilah manfaat dan cara pembuatan jamu kunir asem



Kunir atau Kunyit merupakan salah satu jenis tanaman rempah-rempah asli dari Indonesia. Kunir memiliki banyak kandungan zat yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Bisa digunakan sebagai obat herbal alami, perawatan kecantikan, bumbu masakan. Selain itu juga bagi kawan-kawan yang memiliki tubuh langsing secara sehat bisa dengan rutin untuk meminum ramuan atau pun jamu yang berbahan dasar Kunir atau kunyit ini. Dan bagi para wanita yang suka terlambat datang bulan bisa digunakan jamu kunir asem untuk memperlancar haid bulanan.

Di dalam kunyit terkandung senyawa zat alami yang berkhasiat sebagai obat. Zat tersebut disebut kurkuminoid. Yang dapat untuk antibodi alami sehingga dengan meminum ramuan yang terbuat dari bahan dasar kunyit secara terus menerus dan lama tidak akan mengalami efek samping. Selain yang telah disebut kan di atas, manfaat kunyit juga antara lain adalah:

1. Bisa digunakan untuk mencegah kanker

Seperti yang kita ketahui kanker adalah salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia ini. Namun dengan rutin meminum air ramuan kunyit bisa untuk mencegah kanker. Hal ini disebabkan zat anti bodi yang terkandung didalam kunyit juga mengandung anti kanker.

2. Bisa mempertajam daya ingat

Bagi para siswa yang mempunyai kelemahan dalam mengingat materi pelajaran di sekolah, alangkah baiknya untuk mencoba ramuan kunyit ini sebagai alternatif untuk obat menambah daya ingat. Dan mungkin juga bisa untuk meningkat kan prestasi di sekolah dalam belajar.

3. Bisa mengobati tifus
Tifus merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus yang menyerang di tubuh kita. Utamanya menyerang daerah alat pencernaan manusia. Dengan rajin meminum ramuan / jamu kunyit bisa untuk mengobati penyakit tifus.

4. Bisa untuk mencegah resiko kencing manis

Kencing manis atau yang biasa disebut Diabetes Melitus adalah suatu penyakit yang tidak menular namun tergolong berbahaya. Ada yang disebabkan faktor keturunan atau pun karena faktor pola makan. Dengan mengkonsumsi jamu kunyit bisa untuk mengurangi resiko kencing manis yang mungkin di derita oleh manusia.

Nah sekarang bagaimana cara untuk membuat jamu kunir asem atau kunyit asam, mari simak berikut ini.

Yang utama adalah kita harus mempersiapkan bahan-bahan terlebih dahulu, yaitu:

500 gram kunyit
500 gram asam jawa
250 gram gula merah
2 liter air bersih
1/8 sendok teh garam dapur
Sereh secukupnya

Langkah-langkah membuatnya:

Pertama cuci dulu semua kunyit yang sudah disiapkan sampai bersih. Dan dilanjutkan dengan dikupas bersih. Bila perlu cuci kembali sampai beberapa kali hingga kotoran-kotoran yang menempel pada kunyit hilang. Kemudian kita potong-potong jadi kecil-kecil, tujuannya agar mudah ditumbuk/di blender nantinya.

Setelah di potong-potong masukan potongan kunyit tadi ke dalam blender dan masukkan air bersih secukupnya tapi jangan terlalu banyak. Lalu nyalakan blender, dan biarkan sampai halus.

Setelah di blender angkat hasil kunyit yang telah halus dan langsung di saring menggunakan saringan agar serat nya tidak ikut terbawa.

Selanjutnya siapkan sereh dan kemudian di pukul, atau istilahnya di geprek menggunakan batu yang bersih tentunya. Sereh bertujuan agar jamu yang kita buat nantinya lebih segar aromanya.

Lalu siapkan panci, tuangkan air saringan kunyit ke panci, dan taruh lah sereh yang sudah digeprek tadi bersama dengan gula merah. Kemudian didihkan hingga mendidih.

Sambil menunggu air kunyit tadi mendidih sambil diaduk-aduk kita siapkan asam yang kita larutkan dengan air panas. Tidak usah terlalu banyak airnya.

Setelah mendidih kita matikan api nya, kemudian kita tuangkan air larutan asem yang kita buat tadi, tentunya sudah disaring terlebih dahulu.

Selanjutnya aduk lagi, dan kita tunggu sampai dingin.

Jamu Kunyit asam siap untuk di nikmati. Segar enak dan menyehatkan.

Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Untuk mengobati dan mencegah berbagai penyakit inilah manfaat dan cara pembuatan jamu kunir asem"

Post a Comment

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup di komentar, terima kasih