Rajin Makan brokoli ternyata menyehatkan, berikut fakta tentang sayur brokoli!!!



 

Hai gaes.... ada yang tau sayuran yang bernama brokoli gak? Ya itu lho yang namanya kaya mirip artis baca Edie Brokoli. Hehehehe... Sayuran bokoli yang banyak di jual di pasaran merupakan salah satu sayuran yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat kita lho. Karena ada banyak kandungan positif di dalam sayuran ini.
Namun kalian tau gak beberapa fakta tentang sayuran yang bernama brokoli ini.  Naah gaes berikut ini adalah beberapa fakta unik yang berkaitan dengan tanaman sayuran bokoli ini. Mau tau? Yuk simak bersama-sama gaes.

1. Sayur yang bersal dari Italia

Tau gak gaes? Ternyata sayur brokoli yang sering di konsumsi oleh masyarakat kita itu bukan berasal dari Negara kita lho. Tapi ternyata berasal dari salah satu negara Eropa sana. Negara apa itu? Yaaa... negara Italia. Tepatnya pertama kali brokoli ditanam yaitu di salah satu propinsi di Italia yaitu Calabria. Wah wahh...ternyata eh ternyata brokoli itu sayur bule ya gaes, tapi koq kenapa warnanya gak kaya orang bule ya gaes...hehehe Nama brokoli itu sendiri berasal dari bahasa Latin yaitu Brachium atau yang bisa diartikan dengan cabang atau lengan gaesss.

2. Mengandung banyak gizi bagi tubuh

Ada yang tau gak gaes kandungan yang ada pada brokoli? Usut punya usut kandungan manfaat yang ada pada bokoli itu ternyata cukup lengkap gaes. Apakah itu? Ya...Brokoli itu mengandung beberapa vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh kita gaes. Yaitu vitamin A, B, C serta Vitamin K. Dimana vitamin-vitamin tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh kita sebagai nutrisi bagi tubuh kita gaes. Dan kabarnya vitamin C yang ada pada sayur brokoli itu lebih banyak dibandingkan dengan yang ada dalam buah jeruk gaes.

3. Brokoli lebih baik di kukus daripada di rebus

Bagaimana cara memasak brokoli yang baik? Nahhh kalau kata ahli makanan nih kalau mau masak brokoli itu yang baik dengan cara dikukus, bukan di rebus atau pun di goreng gaes. Hal ini dikarenakan kalau kita merebus brokoli untuk dikonsumsi bisa membuang sekitar 35 persen dari total kandungan gizi yang ada pada sayuran ini gaes. Dan cara terbaik untuk memasak brokoli adalah dengan cara mengukus gaes. Karena kata ahli gizi kalau masak dengan cara dikukus akan lebih awat kandungan gizi yang ada pada brokoli ini.hehehe

4. Mengurangi resiko terkena kanker

Di dalam Brokoli itu sendiri banyak terdapat zat-zat yang bisa mengurangi bahkan bisa menghilangkan penyakit kanker yang diderita oleh para penderita kanker. Yaitu zat phythocemical yang sangat penting, contohnya zat beta-karotin, indoles, dan juga isotiosianat, dimana kandungan zat-zat tersebut bisa juga bermanfaat untuk mencegah dan mengurangi terbentuknya carcinogen, yaitu zat yang bisa menyebabkan penyakit kanker.
Dengan rajin mengkonsumsi brokoli ini semoga bisa menjadi alternatif untuk mengurangi resiko terkena kanker ya gaes atau semoga juga bisa disembuhkan dengan brokoli

5. Memiliki banyak warna warni




Ada lagi nih gaes. Ternyata brokoli itu memiliki beberapa warna yang lucu loh. Tau gak warna apa itu? Tapi bukan warna pelangi ya gaes, karena brokoli itu ternyata ada tiga warna gaes. Hehehehe

Yaitu warna hijau yaitu warna brokoli yang sering kita jumpai di pasaran dan disekitar kita. Dan sepertinya brokoi dengan warna hijau sudah tidak asing lagi gaes di mata kita. Selanjuatnya ada brokoli yang berwarna kuning. Atau yang biasa disebut brokoli Romanesco. Dan yang ketiga adalah brokoli yang berwarna ungu. Namun secara kandungan nilai gizi dari ketiga jenis brokoli ini sama saja gaes.

6. Mengalahkan kandungan zat besi dari daging sapi

Kalian tau gak harga sekilo daging sapi gaes? Lho koq malah tanya daging sapi, kan kita lagi ngomongin brokoli? Hmmmm
Jadi ternyata di dalam brokoli ini mengandung banyak zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh kita gaes. Dan menurut beberapa ahli gizi ternyata zat besi yang ada di dalam brokoli ini kandungan nya lebih besar dibandingkan dengan daging sapi gaes. Naahh looo!!!
Jadi kalo harga daging sapi di pasaran terus melambung, maka brokoli ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk memenuhi kebutuhan zat besi dalam tubuh kita gaees...heheheh

7. Bisa mengurangi gejala penyakit jantung

Selain kandungan nilai gizi yang sudah disebutkan diatas, ternyata masih ada lagi kandungan gizi yang lain gaes. Nama nya kandungan Nutrisi sulforaphane, yang ternyata bisa untuk menjaga kesehatan yang ada pada pembuluh darah dan jantung kita gaes. Dan kabarnya juga bisa untuk menurunkan kadar gula darah yang ada di dalam tubuh kita.

Jadi itu lah beberapa fakta dan manfaat dari brokoli bagi kebutuhan nutrisi tubuh manusia yang dirangkum dari berbagai sumber gaes, semoga bermanfaat ya..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rajin Makan brokoli ternyata menyehatkan, berikut fakta tentang sayur brokoli!!!"

Post a Comment

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup di komentar, terima kasih