Pesona Pulau Wayag di Raja Ampat salah satu syurga di Indonesia


  


Ikon Raja Ampat adalah kepulauan Wayag yang terletak di Desa Waigeo Barat dan merupakan pulau terjauh dari Raja Ampat. Diperlukan enam hingga tujuh jam perjalanan dengan speedboat dan harus berangkat pada malam atau subuh. Apabila berangkat subuh dengan speedboat yang harga sewanya menguras kantong. Hiks, demi Pulau Wayag yang konon pemandangannya sulit didapat tandingannya.

Agar bisa menuju Pulau Wayag, dengan cara menyewa kapal motor yang disewa dari Sorong. Perjalanan ini akan membutuhan waktu kurang lebih empata atau lima jam untuk sampai ke tempat area penyelaman. Suatu hal yang tidak mudah untuk dapat menikmati sebuah pemandangan pesona alam Indonesia yang menawan ini. Yang perlu diperhatikan juga faktor keuangan yang memang cukup mahal. Apabila kita berada di luar Papua, maka kita akan sampai di Bandara Domine Eduard Osok (DEO). Selanjutnya perjalanan  dari bandara ini, kita kemudian dapat langsung melakukan perjalanan ke Pelabuhan Perikanan Sorong. Di sini kita bisa memilih untuk menggunakan jasa angkutan kota, taksi atau ojek, ataupun ada kendaraan yang bisa kita sewa. Setiba di pelabuhan, apakah mau langsung melanjutkan perjalanan ke Waisai?  Waisai adalah ibu kota Kabupaten Raja Ampat. Apabila kita ingin langsung ke Pulau Wayag maka kita tidak perlu singgah di Waisai, kita bisa memakai speed boat dari pelabuhan di Sorong. Untuk biaya sewa speed boat ini adalah Rp 9 juta per hari. Nahhh looo...hehehehe mahal kannn.... 

Perjalanan dari Sorong ke Pulau Wayag menggunakan speed boat akan memakan waktu sekitar 5 jam. Berlayar mulai dari Selat Dampir, Pulau Pensil, Gua Karang yang ada tengkorak makam leluhur Raja Ampat, dan langsung ke Kepulauan Wayag. Karena melewati pulau yang ada resor yang dikelola bule, kita bisa meminta nakhoda berlabuh sebentar ke dermaganya untuk melihat suasana dan bagaimana resor seharga 3 juta per malam itu. Beruntung apabila dibolehkan untuk melihat-lihat di sana dan apabila diperbolehkan melihat kamar. Dari terasnya terhampar pantai dan laut biru. Setiap kali memandang burung-burung laut menari berliuk liuk, sesekali mereka mendarat dengan cantik di depan teras. Oh ya, untuk menginap di sana cukup mengirim email dan tanda jadi. Maka pun akan disambut dari Pelabuhan Sorong. 

Memasuki Pulau Wayag, hati dibuat takjub oleh perpaduan lautan nan cantik dan gerumbulan pulau-pulau kecil hijau tersebar seakan mengapung di tengah lautan. Landscape yang sangat menawan.

Apabila mendarat di Pulau Karang maka harus mendaki ke puncak Karst untuk melihat pemandangan lebih luar biasa lagi. Pendakian inilah yang bikin deg-degan. Kemiringannya hampir 9o derajat dan tanahnya berkarang Kondisi tubuh benar-benar harus prima. Kita pun diharuskan untuk melepas semua tas yang berbobot, hanya tas pinggang saja.

Beratnya pendakian terbayar dengan keindahan tiada tara. Sungguh setuju seribu persen dengan julukan surga di bumi ini. Panorama dalam lukisan dan layar kaca tersuguh di depan mata, sejauh mata memandang hanya ada hamparan keindahan keindahan dan keindahan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pesona Pulau Wayag di Raja Ampat salah satu syurga di Indonesia"

Post a Comment

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup di komentar, terima kasih