Pemanfaatan Lidah buaya untuk kesehatan



Manfaat tumbuhan lidah buaya – Aloe vera adalah nama latin dari tanaman lidah buaya. Salah satu jenis tumbuhan yang berkembang biak dengan cara bertunas. Tumbuhan ini banyak berkembang di lingkungan kita. Sering di tanam di di halaman-halaman rumah. Digunakan sebagai tanaman hias. Cara menanamnya pun sangat mudah. Cukup dengan mengambil anakan yang ada pada tunas nya. Lalu tinggal di tanam di halaman rumah ataupun juga di pot-pot.

Namun yang akan kita bahas adalah tentang berbagai manfaat dan pemanfaatan dari tanaman lidah buaya ini. Siapa sangka tanaman yang sering tumbuh di halaman rumah ini mempunyai banyak sekali manfaat, diantaranya adalah:

1. Penyubur dan pelembab rambut

Sudah tidak diragukan lagi bahwa tanaman lidah buaya bisa melembabkan dan menyuburkan rambut. Kandungan vitamin A dan vitamin C serta zat besi di dalam lidah buaya ini dapat untuk menyuburkan rambut. Apabila kita gunakan secara rutin hasilnya akan lebih bagus. Caranya pun cukup sederhana. Cukup dengan cara mengambilnya beberapa batang daun dari lidah buaya. Dikupas lalu diambil dalamnya, kemudian di remas sambil di oleskan ke rambut kita dengan pijatan-pijatan ringan. Ini akan membuat rambut jadi lembab secara alami dan berkilau.

2. Menghilangkan ketombe

Rasa gatal pada kulit kepala seringkali diakibatkan oleh adanya ketombe yang muncul. Ketombe diakibatkan oleh beberapa hal. Yaitu kulit kepala yang berminyak dan terdapat sejenis bakteri yang bisa menyebabkan kulit kepala menjadi kasar dan akhirnya terjadi ketombe. Nah dengan lidah buaya ini bisa untuk mengurangi bahkan menghilangkan ketombe. Dengan cara rajin mengoleskan nya ke kulit kepala yang terdapat ketombe tersebut. Maka lama kelamaan akan berkurang ketombe yang ada di kulit kepala kita.

3. Sebagai masker wajah

Selain penyubur rambut lidah buaya pun bisa digunakan untuk masker wajah. Sudah banyak yang membuktikan tentang manfaat lidah buaya yang digunakan sebagai masker wajah. Dan hasilnya bisa untuk mengencangkan kulit wajah. Karena di dalam lidah buaya juga mengandung asam amino, enzim dan vitamin yang berfungsi sebagai antimikroba dan inflamasi. Jadi bisa juga melindungi dari sinar matahari.

Selain itu juga bisa untuk mengurangi jerawa yang ada di wajah kita. Lidah buaya bisa membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat pada wajah kita. Dan bisa mengurangi gejala penuaaan dini pada wajah.

Cara nya pun mudah. Ambil lah lidah buaya secukup nya. Ambil getah lidah buaya dengan sendok. Sekitar tiga sendok makan. Kemudian kita oleskan perlahan lahan pada area wajah kita. Oleskan secara merata. Diamkan beberapa menit sampai kering. Setelah cukup lama tinggal dibilas dengan air bersih ataupun juga boleh dengan air campuran es yang cukup dingin. Untuk hasil maksimal lakukan tiap sebelum tidur malam dan rutin.

4. Sebagai anti racun serangga

Apabila kita tersengat oleh binatang kecil ataupun serangga kita bisa menggunakan lidah buaya sebagai obat untuk menghilangkan rasa gatal akibat gigitan atau sengatan serangga tersebut. Ini sangat efektif apabila anak kecil yang sering main di halaman dan digigit serangga. Maka cukup mudah menghilangkan rasa gatal tersebut.

Caranya cukup ambil getah lidah buaya tersebut kemudian oles dan usap perlahan lahan pada area yang tergigit serangga tadi. Maka akan cepat berkurang rasa gatal atau sakitnya. Dan yang pasti aman dari iritasi kulit.

5. Mengurangi gejala diabetes

Penelitian baru-baru ini yang dilakukan para pakar bahwa ternyata tumbuhan lidah buaya ini bisa digunakan untuk menurunkan gula darah. Alhasil tanaman lidah buaya ini juga berkhasiat untuk membantu mengurangi gejala kencing manis atau diabetes. Caranya dengan cara mengkonsumsi lidah buaya. Waaaah rasa nya gak enak dong. Hehehhe...

Ada beberapa tips untuk mengolah tanaman lidah buaya agar bisa dikonsumsi secara layak. Layak dalam arti cukup enak untuk dikonsumsi. Dengan cara dibuat juice lidah buaya. Caranya dengan mengambil beberapa potong lidah buaya yang mempunyai ukuran cukup besar. Cuci dengan air air bersih sampai beberapa kali yang bertujuan untuk membuang getah-getah dari lidah buaya ini. Setelah itu masukan ke blender. Boleh ditambahkan pemanis alami yang bukan gula. Kan sekarang sudah cukup banyak tuh pemanis yang di anjurkan untuk para penderita diabetes. Setelah itu di blender sampai tercampur semua, lalu siap dikonsumsi. Lakukan secara rutin karena tanpa efek samping.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemanfaatan Lidah buaya untuk kesehatan"

Post a Comment

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup di komentar, terima kasih