Banyak Manfaat Mengkonsumsi Daun Singkong Bagi Kesehatan

Widyasmara.com - Singkong adalah salah satu tanaman jenis umbi-umbian yang banyak ditemui di Indonesia. Hampir di seluruh pelosok tanah air ini bisa kita temui yang namanya singkong.

Disamping karena mudah di tanam juga menjadi salah satu alternatif makanan yang mengandung karbohidrat tinggi sebagai pengganti nasi.

Di beberapa wilayah di Indonesia bahkan ada sebagian saudara kita yang mengkonsumsi singkong sebagai makanan pokoknya.

Manfaat daun singkong
Singkong memiliki banyak manfaat yang apabila kita konsumsi. Dan juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan pembuat makanan olahan.

Bisa dibuat menjadi keripik singkong, bahan membuat tape, dan di beberapa tangan kreatif lainnya, singkong juga bisa dibuat sebagai menu yang istimewa.

Hampir semua bagian dari tanaman ini mempunyai manfaat. Sebutlah bagian akarnya adalah singkong itu sendiri. Bisa dijadikan berbagai makanan olahan.

Bagian batang singkong menurut para ahli bisa juga sebagai obat untuk luka. Kemudian daun nya yang mengandung banyak manfaat.

Diantara bagian singkong tersebut, daun nya mempunyai berbagai manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Hal ini karena daun singkong mempunyai banyak kandungan zat besi yang sangat baik untuk tubuk kita.

Zat besi berfungsi sebagai zat pembangun dan zat pelindung tubuh kita. Selain zat besi dalam daun singkong juga terkandung serat yang tinggi.

Sehingga bisa untuk memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh kita. Asam amino yang terkandung dalam daun singkong ini juga sangat tinggi.

Asam amino yang tekandung adalah jenis asam amino esensial. Asam amino bermanfaat dalam tubuh manusia salah satunya untuk menambah otot agar lebih berisi.

Jadi bagi para pembaca yang  merasa massa otot nya kurang, perbanyaklah mengkonsumsi daun singkong ini. 

Selain zat besi dan asam amino daun singkong juga mengandung banyak vitamin A dan C. Dimana kedua jenis vitamin ini sangat dibutuhkan sebagai nutrisi yang memperlancar sistem kerja anggota tubuh. 

Daun singkong bisa digunakan untuk memperlancar metabolisme dalam tubuh, sebagai sumber energi dan juga sebagai sumber antioksidan. Sangat baik di konsumsi untuk sehari-hari.

Manfaat Daun Singkong bagi kesehatan tubuh

Juga efektif untuk dimanfaatkan sebagai penambah darah. Bagi pembaca yang mengalami kekurangan darah alangkah baiknya sering mengkonsumsi daun singkong.

Karena bisa digunakan sebagai penambah darah alami. 

Selain itu juga bisa digunakan untuk mengobati sakit diare.

Untuk mengobati diare caranya dengan mengambil beberapa lembar kemudian direbus dengan air sebanyak 4 gelas dan didihkan sampai air tersisa 2 gelas.

Lalu minum pagi dan sore hari sampai diare nya reda.


Demikianlah beberapa manfaat dari daun singkong bagi kesehatan tubuh kita. Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca semua.

Kalau memang bermanfaat dipersilahkan untuk share kepada yang belum mengetahuinya.

Terima kasih