Berbagai Penyakit Kulit Sembuh dengan Tanaman Kamboja

Widyasmara.com – Siapa yang tau tentang kamboja? Saya kira hampir semua orang tahu tentang tumbuhan yang satu ini.

Kamboja merupakan kategori jenis bunga yang bagus dan indah bentuknya. Namun sungguh ironi, karena selain bentuknya yang indah bunga kamboja sering di konotasikan dengan hal-hal yang mistis.

Hal ini karena pohon kamboja biasanya sebagai penghias daerah makam. Hampir di sebagaian besar pemakaman di wilayah Indonesia pada umumnya ditanami pohon kamboja.

Namun seiring berjalan waktu, saat ini masyarakat sudah sudah kurang mempercayai tentang mistis dari pohon ini.

Buktinya sudah banyak masyarakat yang menanam pohon kamboja untuk hiasan disekitar rumahnya. Jadi sudah banyak yang memanfaatkan pohon ini sebagai kategori pohon hias. 


Menurut beberapa sumber bahwa tanaman ini berasal dari daratan Amerika Latin. Namun kenyataannya pohon kamboja banyak tumbuh di Indonesia.


Bahkan di Amerika sendiri sudah jarang wilayah yang ditanami pohon ini.

Namun disamping itu ternyata tumbuhan pohon ini mempunyai banyak manfaat lho. Mau tau gak?

Pohon kamboja mempunyai banyak senyawa kimia yang banyak bermanfaat untuk kesehatan manusia. Antara lain senyawa asam plumerat, asam serotinat, plumerid dan agoniadin. 

Pada bagian kulitnya mengandung zat beracun yang berasa pahit. Zat racun ini yang sering digunakan oleh orang-orang tradisional untuk menangkap ikan dengan racun alami.

Kandungan racun yang ada pada kulit kamboja adalah jenis saponin, polifenol, alkaloid, dan juga fenetilealkohol. Dimana zat-zat tersebuh juga cukup berbahaya pada kesehatan manusia.

Lalu pada bagian batangnya atau pun pangkal daun nya kalau kita petik akan mengelurkan cairan putih. Yaitu getah dari pohon kamboja.

Kandungan getah ini sejenis getah damar, yaitu asam plumeria. Naah ini lah yang akan kita bahas dalam pembahasan kali ini.





Getah dari pohon kamboja saat kita memotong sedikit bagian batang ataupun kalau kita memetik daunnya mempunyai banyak manfaat. Diantaranya adalah :

1. Bermanfaat Sebagai obat sakit gigi

Apabila ada pembaca yang mengalami sakit gigi gara-gara gigi berlubang, maka getah dari pohon kamboja dapat menjadi alternatif sebagai obatnya.

Getah ini mempunyai efek meredam rasa sakit pada daerah gigi yang berlubang. Hal ini dikarenakan kandungan getah kamboja yaitu asam plumeria yang bisa digunakan sebagai antibiotik alami. 

Caranya pun cukup mudah. Hanya dengan mengambil beberapa tetas dari pohon kamboja yang diambil dari daun ataupun batang nya.

Kemudian dioles kan pada sedikit kapas. Baru setelah itu di tempel atau diletakan pada bagian gigi yang sakit tersebut. Mudah-mudahan sakit nya cepat hilang.

Cara pemakaian nya pun jangan terlalu sering, cukup sehari dua kali saja. Mengingat sifat dari getah kamboja sekalipun bisa mengurangi rasa sakit, tetapi juga bisa merusak organ tubuh kita terutama gigi yang sakit secara perlahan-lahan.

Jadi meskipun mempunyai manfaat untuk pengobatan gigi namun agak kurang dianjurkan untuk dilakukan dalam jangka waktu yang lama.

Karena efek getah ini akan merusak gigi itu sendiri. Jadi harus sesuai dengan aturan seperti yang telah disebutkan diatas. Yaitu maksimal dua kali sehari.

2. Dapat Mengobati sakit bisul

Kalau kalian pernah terkena bisul makan getah pohon kamboja juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati bisul.

Caranya sama seperti pada pengobatan pada gigi yang sakit.

Ambil getah kamboja, kemudian teteskan pada sedikit kapas, lalu oles-oleskan di sekitar bisul tadi.

Jangan di bagian yang ada inti bisulnya. Tapi cukup di sekitarnya saja.

3. Bisa Menghilangkan panu, kadas, kudis, kurap

Penyakit kulit panu, kadas, kudis ataupun kurap bisa kita sembuhkan dengan getah pohon kamboja. 

Caranya pun sama dengan pengobatan untuk sakit gigi ataupun sakit bisul.

Dengan cara dioleskan secara rutin pada daerah kulit yang terkena.

4. Menyembuhkan bengkak pada kaki

Untuk merawat kaki yang mengalami pembengkakkan kita menggunakan bagian akar dari kamboja.

Ambilah secukupnya saja,kemudian cuci bersih. Selanjutnya di rebus pada panci.

Naaah air rebusan tadi kita gunakan untuk merendam kaki yang bengkak tersebut.

Itulah beberapa manfaat dari getah dan bagian pohon kamboja bagi kesehatan.

Mudah-mudahan bisa bermanfaat. Dan apabila bermanfaat silahkan share. Terima kasih