Manfaat dan kandungan daun sirih merah ternyata banyak ya


Salah satu tanaman obat yang mempunyai banyak manfaat adalah daun sirih. Sirih adalah sejenis tanaman yang merambat. Tanaman ini mempunyai umur lama. Tinggi nya skitar 10 cm. Namun panjangnya bisa mencapai puluhan meter. Apalagi kalau di rambatkan ke media rambat semacam tali ataupun ke pohon lainnya. Tanaman ini dapat di jumpai di semua wilayah di Indonesia. Sering ditanam oleh masyarakat pedesaan. Namun karena semakin banyak yang tahu manfaat dari daun ini maka masyarakat di perkotaan pun mulai membudidayakannya. Karena cara pembudidayaan nya tergolong mudah. Cukup memakai tekhnik stek (petik langsung tanam di media tanah yang subur ataupun di pot).

Dari beberapa jenis tanaman sirih kita akan sharing sirih jenis sirih merah atau sirih wulung. Apakah ada perbedaan dari ciri fisiknya? Tentu saja ada, yaitu kalau sirih merah dari warna daunya agak merah tua atau dalam istilah orang jawa di namakan wulung. Kalau sirih yang hijau warna daunya hijau tua. 

Seiring dengan berkembangnya jaman yang semakin modern cara pemanfaatan obat-obatan herbal pun mulai di jadikan alternatif untuk pengobatan penyakit. Penelitan ilmiah banyak dilakukan oleh para pakar untuk mengetahui kandungan dan manfaat dari suatu tanaman obat tertentu.

Begitupun terhadap sirih merah ini. Berdasarkan para ilmuwan bahwa sirih merah ini banyak mengandung zat-zat yang sangat baik untuk kesehatan. Di dalam sirih merah terdapat zat antiseptik. Dimana zat ini dapat untuk menyembuhkan luka-luka luar. Serta untuk membunuh bakteri yang ada di sekitar luka tersebut. Agar luka tidak menyebar dan segera kering. Untuk pengobatan luka luar caranya cukup mudah. Yaitu dengan mengambil beberapa lembar daun sirih merah. Dicuci hingga bersih kemudian di tumbuk sampai halus. Setelah itu di taruh ke luka tersebut. Dengan catatan luka nya tersebut sebelumnya dicuci dulu dengan air rebusan sirih merah ini. Ini sangat membantu untuk membut luka cepat kering.

Selain zan antiseptik di dalam sirih merah ini juga terkandung flavonoid polifenol. Dimana zat ini bermanfaat untuk anti oksidan dan antiflamasi. Zat ini juga bisa dikatakan zat antiracun. Jadi daun sirih merah ini dapat dikonsumsi dengan cara direbus terlebih dahulu dengan air secukupnya kemudian setelah mendidih disaring dan airnya diminum. Ini baik untuk mencegah penyakit masuk ke dalam tubuh. Karena adanya zat antioksidan. Namun demikian air daun sirih ini tidak cocok untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Karena ibu hamil rentan terhadap zat tersebut yang mungkin bisa berimbas pada janin yang dikandungnya.

Manfaat lain yang terkandung di dalam daun sirih adalah sebagai obat alami diabetes melitus. Caranya dengan mengambil 3 lembar daun sirih merah ukuran sedang. Kemudian cuci bersih daun sirih tersebut. Selanjutanya irislah kecil-kecil, baru setelah selesai diiris dimasukan ke panci untuk direbus dengan air 4 gelas atau 800 m. Rebus sampai mendidih hingga tersisa kira-kira 2 gelas lalu angkat dan saring. Diamkan dan minumlah selagi hangat sehari dua kali tiap kali minum sebanyak 1 gelas. 

Daun sirih merah juga bisa digunakan untuk mengobati mata merah karena iritiasi ringan. Kandungan zat yang telah disebutkan diatas bisa untuk mengurangi gejala iritasi ringan karena debu ataupun udara kotor. Caranya cukup mudah yaitu: dengan menyiapkan sekitar 8 lembar daun sirih merah. Kemudian cuci bersih, lalu rebuslah dengan air bersih sebanyak 4 gelas. Tunggu sampai mendidih. Setelah mendidih saring air rebusan tadi dan biarkan sampai hangat. Gunakan untuk mengkompres mata yang terkena iritasi tadi, atau juga bisa digunakan untuk membasuh setiap 15 menit sekali atau seperlunya.

Selain itu daun sirih juga bisa untuk mengobati darah tinggi. Caranya dengan mencampur rebusan air sirih merah dengan madu secukupnya kemudian diminum secara rutin. Manfaat selainya adalah bisa digunakan untuk penyakit bronkhitis, anti jerawat, mengurangi penyakit tumor dan masih banyak lain nya. Lain kali akan kita bahas lagi masih mengenai manfaat daun sirih merah. Terima kasih semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat dan kandungan daun sirih merah ternyata banyak ya"

Post a Comment

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup di komentar, terima kasih